GAYA HIDUP
22 November 2019

Perbedaan Peterseli, Seledri, dan Daun Ketumbar, Jangan Salah Lagi ya!

Meski bentuknya hampir sama, ketiga daun ini punya ciri khas masing-masing, lho!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ada beberapa bumbu dapur yang sulit dibedakan oleh kebanyakan orang, terutama bagi pemula. Salah satunya, daun peterseli, daun ketumbar, dan seledri.

Sekilas, ketiga daun ini memiliki bentuk dan warna yang sama. Namun, tiga daun ini punya fungsi yang berbeda lho, Moms. Jika salah memasukkannya, bisa mengubah cita rasa makanan yang dimasak.

Perbedaan Peterseli, Seledri, dan Daun Ketumbar

Agar tidak salah beli, ketahui perbedaan peterseli, daun ketumbar, dan seledri berikut ini, Moms!

Baca Juga: Jus Seledri untuk Diet, Mitos atau Fakta?

1. Daun Peterseli

peterseli.jpg

Daun peterseli ini berasal dari daerah Mediterania tengah, seperti Siprus, Italia selatan, dan Yunani.

Menurut Journal of Traditional Chinese Medicine, daun peterseli memiliki ragam manfaat sebagai antiseptik saluran kemih, anti-inflamasi, mengobati gangguan pencernaan, hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan juga digunakan sebagai obat tradisional.

Walaupun sama-sama memiliki warna hijau, daun peterseli berukuran lebih kecil dan keriting, punya banyak cabang daun, dan bonggol batangnya juga besar.

Daun peterseli memiliki aroma yang tidak terlalu tajam, sehingga cocok dipadukan dengan segala hidangan sebagai garnish atau topping pelengkap.

Beberapa makanan yang kerap menggunakan daun peterseli yaitu seperti pizza, spaghetti, mac and cheese, atau lasagna.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

2. Daun Seledri

daun seledri.jpg

Memiliki nama latin apium graveolens, tanaman obat ini juga sering digunakan sebagai bahan masakan.

Mengutip Saudi Medical Journal, daun seledri efektif mengurangi kadar glukosa darah, meskipun terbatas dalam meneliti hubungan antara kadar glukosa darah dan kadar insulin plasma pada lansia dengan kondisi pra-diabetes.

Sekilas, daun seledri punya bentuk yang sama dengan peterseli, tetapi jika diperhatikan lagi, daun seledri lebih lancip dan lebar dengan warna hijau tua.

Batang seledri punya permukaan yang bergerigi dan bentuknya yang seperti bulan sabit.

Seledri juga punya aroma yang khas dan menyegarkan, tak heran bila seledri kerap digunakan sebagai pelengkap masakan, seperti bakso, sayur sop, atau soto.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Manfaat Rempah-rempah untuk Tubuh

3. Daun Ketumbar

coriander leaves.jpg

Daun ketumbar yang juga dikenal sebagai coriander leaves, memiliki bentuk daun yang cenderung membulat, serta punya warna hijau lebih terang.

Daun ketumbar punya aroma yang tajam, sehingga daun ini lebih cocok untuk memberikan rasa pada masakan berkuah khas Asia, seperti tomyam, sup, atau campuran kari.

Nah, itu dia Moms, perbedaan peterseli, seledri, dan daun ketumbar. Semoga tidak salah lagi membeli jenis yang dibutuhkan, ya!

Artikel Terkait