BALITA DAN ANAK
12 Juli 2020

Kembali Belajar di Sekolah, Ini Persiapan Masuk Sekolah Saat New Normal

Masker dan hand sanitizer jadi barang yang wajib dibawa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Sebentar lagi, Si Kecil akan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tentunya, di era new normal ini, penting untuk mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan.

Tidak hanya itu, dari pihak sekolah juga perlu membuat himbauan tentang sistem belajar mengajar yang baru sehingga risiko infeksi COVID-19 juga bisa dikurangi.

Lalu, seperti apa persiapan yang dibutuhkan saat kembali masuk sekolah di era new normal? Cari tahu lebih lanjut menurut pakar berikut ini, Moms.

Baca Juga: Hidup Berdampingan dengan COVID-19, Ini Pengertian "New Normal" di Indonesia

Persiapan Masuk Sekolah Saat New Normal

persiapan masuk sekolah saat new normal-1

Foto: Orami Photo Stock

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memulai aktivitas di sekolah. Pastinya, dimulainya aktivitas di sekolah mengikuti himbauan dari pemerintah, berdasarkan perkembangan kondisi COVID-19 di masyarakat," jelas dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah - Bintaro Jaya.

Lebih lanjut, menurut dr. Caessar ada beberapa hal yang perlu diingat sebagai persiapan masuk sekolah saat new normal bila aktivitas di sekolah sudah dimulai:

  • Individu-individu yang sakit, seperti guru, karyawan, atau murid yang sedang sakit harus tetap tinggal di rumah.
  • Guru, karyawan, atau murid yang baru berkontak dengan individu yang menderita COVID-19 juga harus tinggal di rumah dahulu dan dipantau kondisinya.
  • Ajarkan dan terapkan kebiasaan mencuci tangan yang benar dengan sabun selama 20 detik.
  • Tutupi mulut dengan tisu saat batuk atau bersin kemudian dibuang dan cuci tangan.
  • Ajarkan dan terapkan penggunaan masker untuk seluruh guru, karyawan, dan murid di sekolah.
  • Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh seperti meja, pegangan pintu, dan lain-lain.
  • Ajarkan murid-murid untuk tidak berbagi atau saling menukar peralatan yang digunakan di sekolah, seperti alat tulis, alat makan, mainan, dan lain-lain.
  • Atur kursi dan meja sehingga satu murid dengan lainnya berjarak minimal 1,5 meter.

Baca Juga: Organisasi Kesehatan Dunia Sebutkan 6 Syarat New Normal, Ini Penjelasannya

New Normal Kit Anak Saat Kembali Belajar di Sekolah

persiapan masuk sekolah saat new normal-2

Foto: Orami Photo Stock

Saat kembali belajar di sekolah, Moms juga perlu tahu kebutuhan new normal kit untuk Si Kecil. Terutama membawa peralatan pribadi sehingga tidak meminjam temannya.

"Barang-barang yang harus disiapkan untuk anak di sekolah adalah masker, hand sanitizer, alat tulis, bekal, dan alat makannya sendiri, sehingga tidak saling meminjam atau bertukar dengan murid lain," tutur dr. Caessar.

1. Masker Anak

Tentunya masker menjadi peralatan penting yang harus dibawa ketika kembali masuk sekolah saat new normal. Jangan lupa selalu ingatkan Si Kecil untuk pakai masker.

Siapkan juga masker cadangan bila Si Kecil berada di luar dalam waktu lama, karena durasi maksimal pemakaian masker adalah 4-5 jam sehari, menurut Paul Hunter, anggota Ahli WHO tentang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi untuk COVID-19, dalam artikel The Conversation.

Baca Juga: Tips Supaya Anak Mau Pakai Masker, Ampuh!

2. Hand Sanitizer

Jangan lupa bawa hand sanitizer dalam tas Si Kecil, dan pilih produk pembersih tangan dengan kandungan alkohol setidaknya 70 persen sebagai peralatan persiapan masuk sekolah di era new normal.

Menurut Harvard Health, kadar alkohol 70 persen dapat membunuh beberapa bakteri dan virus. Hand sanitizer juga berguna bila anak sedang berada di daerah yang sulit mendapatkan akses air mengalir dan sabun.

3. Peralatan Pribadi

Perlengkapan wajib untuk anak saat new normal yang terakhir dan tidak kalah penting adalah perlengkapan pribadi. Misalnya seperti botol minum, tempat makan, sendok dan garpu, dan juga alat tulis.

Hal ini agar Si Kecil tidak sering meminjam ke temannya, dan mengajarkan anak agar bertanggungjawab terhadap barang yang ia bawa.

4. Bawa Bekal Sendiri

Selain itu, sebaiknya siapkan bekal untuk anak. Karena selain terjamin higienitasnya, Moms juga dapat memastikan bekal tersebut penuh nutrisi sehingga Si Kecil menjalani hari-harinya di sekolah dengan lebih semangat.

Dalam Journal of Nutritional Science, kebiasaan pola makan sehat selama masa kanak-kanak meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan kognitif anak yang optimal.

Itu dia beberapa persiapan masuk sekolah saat new normal bagi Si Kecil. Jangan lupa, Moms harus aktif mencari informasi yang terpercaya tentang kebijakan era new normal.

Perlu diketahui, saat ini belum ada himbauan dari pemerintah untuk kembali melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Artikel Terkait