BALITA DAN ANAK
29 Maret 2020

Seberapa Besar Manfaat Makanan Organik untuk Anak?

Semuanya tergantung dari Moms sendiri yang memutuskan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Beberapa tahun belakangan ini, makanan organik telah menjadi suatu tren yang sepertinya sulit untuk kita diabaikan begitu saja.

Pasalnya, bahan makanan organik ini dijadikan sebagai prioritas pilihan makanan yang paling sehat. Bahkan belakangan ini pun mulai marak tren pola pengasuhan yang mengharuskan anak mengonsumsi bahan pangan organik saja.

Kira-kira tren makanan organik ini berlebihan atau benar-benar bermanfaat untuk Si Kecil, ya? Simak yuk Moms jawabannya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Sayuran Organik untuk Kesehatan Keluarga

Keunggulan Makanan Organik

makanan organik

Berbeda dengan bahan pangan yang umumnya kita konsumsi, produk-produk organik ini diproses dengan cara alami.

Alami di sini maksudnya, mulai dari proses penanaman, panen, dan pengolahan, produk-produk organik tidak menggunakan zat kimia seperti pestisida, pupuk sintetis, antibiotik, maupun suntik hormon pertumbuhan.

Karena proses pengolahannya diklaim bebas bahan kimia, bahan pangan organik bisa mengurangi paparan zat kimia berbahaya dalam tubuh anak.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), terlalu banyak zat kimia yang menumpuk dalam tubuh bisa berubah jadi racun. Apalagi kalau anak sudah banyak terpapar zat kimia dari makanan sejak kecil. Hal ini berisiko menyebabkan kerusakan organ hingga penyakit kronis seperti kanker.

Baca Juga: Kenalan dengan Susu Sapi Organik, yang Punya 1001 Manfaat buat Anak

Si Kecil Makan Makanan Organik

makanan organik

Semuanya tergantung pada orang tua. Bila Moms bisa mendapatkan barang-barang organik seperti beras, sayur, daging, dan susu secara mudah dan harganya juga relatif terjangkau, tidak ada salahnya hanya menyediakan produk organik bagi buah hati.

Baca Juga: 5 Bahaya Mengonsumsi Beras Merah Berlebihan

Namun, bila belum banyak produk organik yang tersedia, Moms bisa mengombinasikan dengan produk lainnya. Apalagi, anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang beragam.

Artikel Terkait