KEHAMILAN
30 Maret 2020

6 Manfaat Saffron untuk Ibu Hamil, Yuk Cari Tahu!

Ketahui juga cara mengonsumsinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Banyak orang kini mencari tahu soal bunga saffron dan kehamilan akhir-akhir ini. Apakah ini aman dikonsumsi? Apakah ada manfaat untuk ibu hamil?

Ada banyak informasi yang membingungkan di luar sana, Moms. Pertama-tama, Saffron merupakan rempah-remph termahal di dunia, dianggap aman selama masa kehamilan asalkan Moms mengonsumsinya dalam jumlah kecil.

Baca Juga: Ketahui Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibutuhkan dan Tidak Dibutuhkan

Lantaran, menurut Drugs Information Database di Amerika, Saffron yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim, trombosit rendah, pendarahan, hingga keguguran.

Manfaat Saffron untuk Ibu Hamil

Namun, ada berbagai alasan lain mengapa orang merekomendasikan konsumsi bunga saffron untuk ibu hamil karena kaya manfaat. Apa saja manfaat saffron untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Pencernaan

menjaga sistem pencernaan

Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk pencernaan. Sebuah survei yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Kedokteran Dasar Iran pada tahun 2013 telah menemukan bahwa sifat astringen dalam saffron membantu membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan aliran darah, meningkatkan nafsu makan, dan mendukung pencernaan sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Tekanan Darah

Tekanan Darah Normal

Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Penelitian pada tikus yang diterbitkan Iranian Journal of Pharmaceutical Research menemukan menemukan bahwa komponen termasuk crocin dan safranal di bunga saffron memiliki sifat yang dapat mengendalikan peningkatan tekanan darah pada ibu hamil.

3. Nyeri dan Kram

Ibu hamil alami nyeri

Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meredakan nyeri dan kram. Moms, otot dan tulang Anda meregang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh.

Tentunya bisa menyebabkan kram dan rasa sakit pada persendian dan perut.

Sifat anti-spasmodik dan anti inflamasi dapat bantu meredakan kram pada Moms yang tengah hamil.

Baca Juga: Amankah Sunat Ketika Bayi Baru Lahir?

4. Tidur

Susah-Tidur-Hero (2).jpg

Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membuat tidur lebih nyenyak. Beberapa Moms saat hamil sulit merasa tidur nyenyak, menggunakan bunga saffron dapat dilakukan untuk merasa santai dan tidur dengan nyenyak.

Khasiat sedatif dan hipnotis bunga saffron diyakini dapat membantu Moms yang mengalami hal tersebut.

5. Perubahan Suasana Hati

Mood swing

Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah meningkatkan suasana hati. Kecemasan dan emosi merupakan hal umum yang dialami oleh Moms selama masa kehamilan. Bunga saffron dikenal sebagai anti depresi dan dapat meningkatkan suasana hati Anda.

6. Jaga Kesehatan Jantung

kesehatan jantung

Manfaat bunga saffron untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari webmd, sifat antioksidan dan antiinflamasi bunga saffron dapat membantu menjaga kadar kolesterol di bawah kontrol dan menjaga kesehatan arteri dan pembuluh darah.

Kapan Mengonsumsi Saffron saat Hamil?

Ini Dia Manfaat dari Bunga Saffron yang Berharga Sangat Mahal

Praktisi nutrisi, Ryan Raman, MS, RD, percaya bahwa Moms yang tengah hamil bisa mengonsumsi bunga saffron selama trimester kedua, lebih disukai dari bulan kelima yaitu ketika Si Kecil dalam perut sudah mulai bergerak. Sekaligus, kehamilan pun sudah stabil pada waktu itu.

“Perempuan biasanya hanya menggunakan beberapa untai sekitar 20 hingga 30 miligram saffron sehari. Asupan saffron lebih dari ini dapat memiliki beberapa efek samping,” ujar Ryan.

Baca Juga: Baik Bagi Tulang dan Otak, Ini 10 Manfaat Kurma untuk Anak

Cara Mengkonsumsi Saffron saat Hamil

6 Manfaat Saffron untuk Anak, Redakan Berbagai Penyakit!.jpg

Sebelum mengonsumsi bunga saffron, Moms ada baiknya membicarakan hal tersebut kepada dokter kandungan. Berikut ini ada beberapa cara mencoba mengonsumsi bunga saffron seperti yang dikutip dari Momjunction:

1. Susu Bunga Saffron

Cara ini adalah yang palign populer bagi Moms yang tengah hamil untuk mengonsumsi bunga saffron. Cukup menambahkan beberapa helai bunga saffron ke segelas susu atau produk susu lainnya.

2. Penyedap Rasa

Bila tak ingin terlalu berasa, Moms pun bisa menggunakan bunga saffron untuk penyedap rasa guna meningkatkan rasa hidangan. Satu atau dua untai bunga saffron bisa ditambahkan ke sup atau sajian nasi atau makanan penutup.

Ada dua metode paling umum menggunakan safron dalam susu atau makanan:

  • Perendaman: Sehelai bunga saffron dilumatkan, dan dimasukkan ke dalam susu hangat atau air. Ini diinfuskan selama sekitar 10 hingga 15 menit dan kemudian ditambahkan ke susu atau resep apa pun.
  • Ditaburkan : Helai bunga saffron ditaburkan dengan jari dan ditambahkan ke segala persiapan

Terakhir, Moms tetap membutuhkan lampu hijau dari dokter bila ingin mengonsumsi bunga saffron selama kehamilan dan bila memang sudah diizinkan maka Moms pilihlah bunga saffron berkualitas baik dan bukan yang palsu.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait