2-3 TAHUN
6 Oktober 2020

10 Makanan Penambah Nafsu Makan Balita Paling Ampuh

Berikut ini beberapa penambah nafsu makan balita. Simak ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Dina Vionetta

Rasa bahagia tidak dapat dibendung ketika anak sudah bisa mengonsumsi makanan padat hingga makanan orang dewasa.

Namun, bagaimana apabila nafsu makan balita menurun? Penyebabnya beragam.

Balita dapat mengalami kondisi picky eater, yaitu ketika ia memilih jenis makanan tertentu dan menolak jenis makanan lainnya.

Atau, balita mengalami gerakan tutup mulut (GTM) sehingga ia tidak mendapatkan nutrisi yang optimal.

Penambah Nafsu Makan Balita

Tenang saja, Moms, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan balita. Salah satunya dengan memilih makanan yang menjadi penambah nafsu makan balita, di antaranya yaitu:

1. Makanan Mengandung Omega-3

makanan mengandung omega-3

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan omega-3 sangat dibutuhkan oleh tubuh, yang mengandung dua jenis nutrisi penting, yaitu EPA dan DHA.

Lemak tak jenuh ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, sehingga harus memenuhi asupannya dengan mengonsumsi makanan sumber omega-3.

Nah, jenis makanannya beragam, Moms bisa menemukan omega-3 pada ikan salmon, sarden, makarel, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Di samping itu, omega-3 juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen seperti vitamin minyak ikan.

Studi yang diungkapkan dalam jurnal Appetite sudah menyebutkan bahwa omega-3 berperan penting untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat omega-3 tidak berhenti sampai di situ.

Lemak tak jenuh ini juga memberikan manfaat lainnya, seperti menurunkan kadar trigliserida hingga mencegah timbulnya nyeri sendi.

Baca Juga: Resep Salad Buah dari Berbagai Negara yang Cocok untuk Camilan

2. Makanan Mengandung Zat Besi

makanan mengandung zat besi

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan zat besi dapat menurunkan nafsu makan anak. Untuk itu, pastikan Moms memberikan asupan zat besi yang cukup pada menu hariannya.

Studi dari Healthy Child Manitoba mengungkapkan, ada beberapa makanan yang mengandung zat besi, di antaranya:

  • Daging-dagingan, seperti daging sapi, ayam, dan ikan. Hindari memberikan daging olahan karena tidak cukup nutrisinya dan mengandung garam yang berlebihan.
  • Sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, brokoli, dan bayam adalah pilihan sayuran terbaik sebagai sumber zat besi yang baik.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, atau kacang hitam. Jika anak menyukai selai kacang, maka bisa juga menjadi pilihan.
  • Kuning telur kaya akan zat besi. Namun, hindari memberikan telur mentah atau setengah matang.
  • Seafood, seperti udang, tuna, dan salmon.
  • Sereal.
  • Cokelat hitam, kaya zat besi dan antioksidan. Makan cokelat hitam memberikan 7 mg zat besi per 85 gram.
  • Buah-buahan, seperti kismis, ceri merah, semangka, dan buah prem.

3. Madu

madu, penambah nafsu makan balita

Foto: Orami Photo Stock

Balita yang sudah berusia di atas 1 tahun dapat mengonsumsi madu. Selain rasanya yang manis dan lezat, ternyata madu juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Maka dari itu, Moms bisa menyajikan madu sebagai pelengkap menu makan harian balita.

Caranya bisa dengan menuangkannya sebagai topping pancake atau mencampurkan dengan roti gandum. Moms dapat menyajikan dengan sekreatif mungkin agar menarik perhatian balita.

Manfaat madu untuk kesehatan bukan lagi hal yang baru. Studi dari Saudi Journal of Biological Sciences mengungkapkan, madu mampu memenuhi kebutuhan kalori total balita per harinya.

Madu akan memberikan energi yang penuh terutama ketika balita sedang susah untuk makan banyak. Madu juga memiliki efek antioksidan yang akan meningkatkan sistem imunitas tubuh anak-anak.

Baca Juga: 5 Manfaat Madu untuk Balita di Atas 2 Tahun

4. Makanan Mengandung Thiamin

penambah nafsu makan balita

Foto: Orami Photo Stock

Thiamin atau vitamin B1 dapat membantu meningkatkan nafsu makan balita.

Thiamin juga membantu meningkatkan metabolisme lemak, protein, maupun karbohidrat oleh tubuh.

Dengan begitu, tubuh mampu mengubah nutrisi-nutrisi tersebut menjadi energi, dan bukan menyimpannya sebagai tumpukan lemak.

Ada beberapa makanan yang kaya thiamin dapat Moms berikan pada balita, seperti nasi, kacang-kacangan, dan daging unggas.

Produk susu seperti yoghurt atau sereal juga diperkaya oleh thiamin. Menu satu ini bisa menjadi sarapan atau cemilan balita untuk meningkatkan nafsu makannya dengan baik.

5. Makanan Mengandung Zinc

makanan mengandung zinc, bayam

Foto: Orami Photo Stock

Zinc atau seng adalah mineral yang penting dan diperlukan untuk fungsi fisiologis seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur fungsi antioksidan, serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kekurangan zinc dapat menghilangkan nafsu makan, penurunan berat badan, diare, dan rentan terkena infeksi penyakit.

Dilansir dari National Institutes of Health, kebutuhan zinc harian setiap anak berbeda tergantung dengan usianya.

Anak berusia 1-3 tahun membutuhkan zinc sebanyak 3 miligram, 4-8 tahun membutuhkan 5 miligram, dan 9-13 tahun membutuhkan 8 miligram.

Jadi, Moms bisa memberikan asupan makanan mengandung zinc untuk meningkatkan nafsu makan balita. Makanan yang mengandung zinc, yaitu labu, bayam, gandum utuh, jamur, dan kacang-kacangan.

Terdapat juga buah-buahan yang mengandung zinc tinggi seperti avokad, blackberry, delima, raspberry, jambu biji, melon, aprikot, sirsak, dan kiwi.

Baca Juga: 5 Manfaat Zinc untuk Tubuh dan Perkembangan Anak

6. Avokad

avokad

Foto: Orami Photo Stock

Di antara banyak buah dengan kandungan vitamin, tetap avokad yang menjadi juara untuk menambah nafsu makan balita.

Mengapa demikian? Hal ini karena avokad mengandung omega-3 yang berperan penting untuk meningkatkan nafsu makan dan mendukung perkembangan otak Si Kecil.

Selain itu, dilansir dari International Journal of Food Science and Nutrition, avokad adalah buah dengan nilai gizi yang tinggi.

Avokad mengandung protein, serat, vitamin A, B, C, dan E, yang dilengkapi dengan sumber kalium dan fosfor yang baik.

Avokad juga merupakan sumber vitamin esensial yang baik untuk Si Kecil, misalkan saja kandungan vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata, menguatkan sistem imun, dan menjaga kesehatan tulang.

Moms bisa mengolah avokad dengan berbagai cara, misalkan menyajikannya sebagai topping roti gandum atau dibuat menjadi jus avokad yang mengenyangkan dan memberikan energi penuh pada Si Kecil.

Baca Juga: Jangan sampai Salah, Ini Cara yang Benar Menikmati Avokad Untuk Ibu Hamil

7. Selai Kacang

selai kacang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa balita yang mengalami alergi kacang sehingga harus menghindari selai kacang. Namun, apabila Si Kecil tidak memiliki alergi kacang, Moms bisa memberikan selai kacang sebagai penambah nafsu makan balita.

Selai kacang mengandung zinc dan tinggi kandungan proteinnya sehingga baik untuk pertumbuhan tubuhnya.

Menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology juga menyebutkan, protein berguna untuk penyempurnaan organ tubuh, seperti pertumbuhan jaringan otot, tulang, hingga rambut.

Selai kacang bisa dijadikan menu sarapan yang lezat untuk balita. Tidak melewatkan sarapan juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Selain itu, temukan ide-ide terbaru untuk menemukan menu makan menarik agar ia mau makan dengan lahap tanpa harus memaksanya.

Baca Juga: Enak dan Bergizi, Ini 4 Manfaat Selai Kacang untuk Anak

8. Nasi Merah

nasi merah

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms belum pernah mencobanya, nasi merah bisa dijadikan pilihan untuk menu makanan balita. Pada dasarnya, beras merah memberikan energi, protein, vitamin B, dan mineral untuk perkembangan tubuh Si Kecil.

Mengonsumsi nasi merah dapat membuat balita semakin berenergi dan mampu menjadi penambah nafsu makannya.

Nah, apabila dilihat dari segi nutrisinya, nasi merah juga lebih bergizi daripada nasi putih. Hal ini karena nasi putih kehilangan sebagian besar vitamin dan mineral penting selama pemrosesannya.

Nasi merah juga memiliki nilai indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Selain tidak membuat kadar gula darah balita cepat naik, serat alami dalam nasi merah dapat menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, mengurangi risiko diabetes, dan menghambat tubuh mengubah kelebihan energi menjadi lemak.

Jadi, bukan saja untuk balita, nasi merah juga baik untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: 6 Tips Memasak Nasi Merah Agar Pulen dan Tidak Keras

9. Buah Beri

buah berry

Foto: Orami Photo Stock

Jenis buah-buahan beri, seperti raspberry, blueberry, goji berry, dan stroberi mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, buah beri ternyata mampu meningkatkan nafsu makan balita.

“Buah beri memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuh dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak,” ungkap Barbara Shukkit-Hale, ilmuwan staf USDA dengan Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di Universitas Tufts, US.

Cara mudah untuk menyajikannya buah beri dengan menjadikannya cemilan untuk balita. Warna-warni buah berry bisa menarik perhatian balita sehingga ia dapat mengonsumsinya dengan baik.

Hal penting yang perlu diingat, cara agar nafsu makan anak kembali stabil yaitu dengan memberikan cemilan pada waktu yang sama setiap harinya.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bisa Bikin Balita Tersedak, Moms Wajib Tahu

10. Plain Yoghurt

plain yoghurt

Foto: Orami Photo Stock

Sudah terbukti bahwa plain yoghurt bisa menambah nafsu makan balita. Hal ini sudah diungkapkan dalam studi oleh Nutrition Reviews.

Kandungan kalsium dan protein yang tinggi dari plain yoghurt dan makanan olahan susu lainnya mampu menambah asupan energi dan meningkatkan nafsu makan.

Moms bisa mengolah yoghurt menjadi banyak menu makan yang menarik dan cemilan yang mengenyangkan untuk balita.

Itulah beberapa nutrisi penting untuk menambah nafsu makan balita. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Terkait